Nama :
Nurul Fitria Septiadini
Mata Kuliah :
Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial
PPA Angkatan 15/Pagi
MASALAH DALAM PENYUSUNAN KERTAS KERJA AUDIT DI KAP
Kronologis Masalah
Suatu
KAP di Jakarta telah mengadakan kontrak perikatan dengan klien yang meminta
jasa audit untuk perusahaan hotelnya. Kontrak telah disepakati antara partner
(orang yang mempunyai KAP) dengan klien tersebut. Tim audit diturunkan untuk
mengaudit suatu hotel kenamaan di Jakarta. Tim tersebut terdiri dari 6 orang
mencakup audit senior dan audit junior. Saat tim audit datang ke lapangan,
klien telah menyiapkan data berupa laporan keuangan, ledger dan rekening koran yang diberikan dari bagian head accounting nya. Namun ditengah
perjalanan audit, ternyata bagian auditor junior membutuhkan data tambahan
lainnya yaitu terkait data listing. Akan tetapi dari bagian head accounting tersebut hanya
diberitahukan untuk menggunakan ledger saja karena ternyata setelah ditelusur
data listing tidak pernah dibuat oleh bagian itu. Hal ini yang mengakibatkan
proses audit menjadi lama sehingga waktu untuk pembuatan kertas kerja akan
semakin sempit karena telah habis untuk proses temuan data bukti audit. Jika
dipertanyakan kepada bagian head
accounting tersebut tidak adanya pembuatan data listing tersebut karena
banyak kerjaan yang harus diselesaikan secara cepat sehingga bagi mereka
ketidakadanya waktu yang longgar lah dan kesemapatan lah yang mengakibatkannya.
Hal ini berarti mengindikasikan adanya keterbatasan informasi karena
ketidaklengkapan data akuntansi yang dimiliki. Asumsi dalam kasus ini, tim
audit tidak mengetahui akan perihal kontrak apakah terdapat pasal tentang
penyampaian kelengkapan data akuntansi yang ada. Karena yang melakukan kontrak
antara partner dan klien saja. Meskipun terdapat pasal mengenai perihal
keleluasaan dan kelengkapan data informasi akuntansi, namun menurut sumber
auditor KAP ini telah diberitahukan kepada supervisor dan hasilnya tidak ada
tindak lanjut yang pasti akan hal tersebut.
Tahapan membuat solusi masalah
1. Mendefinisikan
masalah tertulis
a. What
: masalah yang sedang terjadi
Masalah penyusunan
kertas kerja yang terkadang tidak sesuai audit program.
b. When
: kapan terjadinya masalah
Ketika pelaksanaan
audit terjadi, penyusunan kertas kerja pun dibuat sejalan dengan proses audit.
c. Where
: di mana terjadinya
Kasus ini terjadi dalam
lingkup sistem audit suatu KAP di Jakarta.
d. Why
: terkait pemicu dari lingkup organisasi
Adanya tekanan anggaran
waktu dalam penyusunan kertas kerja. Tekanan anggaran waktu ini terjadi karena adanya
deadline waktu sesuai perikatan audit.
Di mana keterbatasan waktu tersebut dipicu karena adanya ketidaklengkapan data
akuntansi dari pihak klien.
e. Who
: terkait siapa
Terkait dalam proses
penyusunan kertas kerja ini adalah Auditor junior.
2. Membangun
diagram Cause Effect
a. Akar
penyebab masalah
Akar permasalahan dalam
kasus ini adalah terkait dalam sistem manajemen dan pencatatan akuntansi klien
yang kurang tertata rapi. Misalkan saja, pada saat auditor meminta tentang data
tambahan tentang listing, namun klien hanya memperbolehkan melihat ledger saja, hal tersebut akan
menghabiskan waktu yang relatif lebih lama. Karena data listing tersebut jelas
tentang daftar-daftar catatan dan transaksi akuntansiny sedangkan jika ledger
hanya berisikan jurnal masuk dan keluarnya saja sehingga tim auditor lah yang
harus milah-milah terlebih dahulu data yang benar-benar dibutuhkan auditor
tersebut. Sedangkan setelah ditelusuri data listingan tersebut tidak pernah
dibuat karena menurut sumber dari mereka, ketidakadanya waktu untuk membuat
data listing tersebut. Hal itu disebabkan karena menurut mereka banyak kerjaan
yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
b. Penyebab
yang tidak dapat dikendalikan namun dapat diperkirakan
Dalam hal ini, penyebab
yang tidak dapat dikendalikan namun dapat diperkirakan adalah kelengahan dan
ketidaktelitian bagian head accounting pihak
klien. Bagian ini kurang peka akan kelengkapan catatan akuntansinya yang
seharusnya dipenuhi pada setiap periode akuntansinya itu.
3. Memasukkan
akar penyebab dalam diagram Cause Effect
a. Setiap Akar Penyebab dimasukkan dalam Diagram Sebab Akibat
Terkait poin ini dapat dilihat dalam tampilan 1.1.
b. Sesuai dengan kategori 7 M
Akar penyebab yang sesuai dengan kategori 7M adalah mengenai poin method karena masalah ini dapat terjadi
disebabkan oleh ketidaktersediaan waktu dalam mengolah bukti-bukti audit karena
ketidaklengkapan data-data yang dibutuhkan oleh audit dari pihak klien sehingga
berakibat audit memerlukan waktu yang lebih lama lagi.
Tampilan 1.1 Diagram Sebab Akibat
Penyebab:
Niat
dan kesempatan
Antisipasi:
Peningkatan
Pembinaan SDM internal
|
Penyebab terkendali
|
Penyebab terkendali
|
Penyebab terkendali
n
|
Penyebab terkendali
|
Penyebab tidak terkendali
|
Masalah penyusunan kertas kerja yang
tidak sesuai audit program
|
Akar
penyebab:
Sistem
manajemen dan pencatatan data akuntansi klien yang kurang tertata rapi
Solusi:
Pengelolaan
Sistem manajemen dan pencatatan data akuntansi klien yang lebih tertata
rapi lagi
|
Penyebab:
Kelengahan
dan ketidaktelitian bagian accounting
Antisipasi:
Adanya
pengawasan dan evaluasi secara berkala akan catatan akuntansi yang harus
dilengkapi sesuai pedoman standar akuntansi
|
Tampilan 1.2 Ask WHY
for many times
No
|
Bertanya “mengapa”
|
Jawaban
|
Penyebab terkendali
dari perspektif Tim dan/atau Manajemen Organisasi
|
1.
|
Mengapa terdapat
bagian dalam penyusunan kertas kerja yang tidak sesuai audit program?
|
Sebab tekanan
anggaran waktu dalam audit yang mendesak
|
Ya
|
2.
|
Mengapa tekanan
anggaran waktu dalam audit mendesak?
|
Sebab kehabisan waktu
saat penyusunan kertas kerja audit
|
Ya
|
3.
|
Mengapa kehabisan
waktu saat penyusunan kertas kerja audit
|
Sebab sistem
manajemen waktu kurang berjalan efektif dan efisien
|
Ya
|
4.
|
Mengapa sistem
manajemen waktu kurang berjalan efektif dan efisien?
|
Sebab lamanya waktu yang
dibutuhkan dalam memproses data tambahan
audit
|
Ya
|
5.
|
Mengapa waktu yang
dibutuhkan dalam memproses data tambahan audit lama?
|
Sebab
ketidaklengkapan data akuntansi yang dibutuhkan
|
Ya
|
6.
|
Mengapa data
akuntansi yang dibutuhkan tidak lengkap?
|
Sebab sistem
manajemen dan pencatatan akuntansi klien yang kurang tertata rapi
|
Ya
|
4. Mengidentifikasi
tindakan / solusi yang efektif
a. Memberi
saran pada klien untuk menerapkan adanya pola sistem manajemen dan pencatatan
akuntansi yang terkoordinasi lebih tertata rapi lagi.
b. Member
saran pada klien tentang adanya sistem pengawasan yang lebih disiplin lagi akan
bagian keuangan khususnya akuntasinya.
b.
Peningkatan kemampuan individual dari pihak klien dalam hal pengefektifan dan
pengefisienan dengan adanya keterbatasan waktu yang ada.
c.
Lebih memperjelas hal-hal apa saja yang tercantum dalam perikatan penugasan
audit sehingga nantinya dapat mempermudah pelaksanaan audit.
d.
Memberikan ketegasan pada klien bahwa data audit yang diperlukan bila dipenuhi secara
akurat akan mempengaruhi tingkat waktu penyampaian hasil auditnya dan kualitas
auditnya.
e.
Pembinaan SDM internal.
0 comments:
Posting Komentar