TUGAS MULTIMEDIA
KONSEP AUDIO
Disusun Oleh :
1. KHUSNUL
KHULUKI (10.240.0297)
2. MARIA
ULFAH (10.240.0299)
3.
MUCHAMAD NURUL ANAM (10.240.0300)
4.
KHONIDAH (10.240.0331)
5.
KHAFIDAH (10.240.0333)
SEKOLAH
TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
2011
A. KONSEP
DASAR SUARA
1. Pengertian
Suara
Suara adalah fenomena
fisik yang dihasilkan oleh getaran benda atau
getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang
berubah secara kontinyu terhadap waktu
Suara dihasilkan oleh
getaran suatu benda. Selama bergetar, perbedaan tekanan terjadi di udara
sekitarnya. Pola osilasi yang terjadi dinamakan sebagai “GELOMBANG”.
Gelombang mempunyai
pola sama yang berulang pada interval tertentu, yang disebut sebagai “PERIODE”.
Contoh suara periodik :
instrument musik, nyanyian burung, dll
Contoh suara
nonperiodik : batuk, percikan ombak, dll
2. Suara
berkaitan erat dengan:
a. Frekuensi
- Banyaknya periode dalam 1 detik
-
Satuan : Hertz (Hz) atau cycles per second (cps)
Manusia
membuat suara dengan frekuensi : 50Hz – 10KHz.
Sinyal
suara musik memiliki frekuensi : 20Hz – 20Khz.
Sistem
multimedia menggunakan suara yang berada dalam range pendengaran manusia.
Suara
yang berada pada range pendengaran manusia sebagai “AUDIO”, dan gelombangnya
sebagai “ACCOUSTIC SIGNALS”. Suara
diluar range pendengaran manusia dapat
dikatakan sebagai “NOISE” (getaran yang
tidak teratur dan tidak berurutan dalam berbagai frekuensi, tidak dapat
didengar manusia).
b. Amplitudo
o Keras
lemahnya bunyi atau tinggi rendahnya gelombang.
o Satuan
amplitudo adalah decibel (db)
o Bunyi
mulai dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari 85 dB dan
pada ukuran 130 dB akan mampu membuat hancur gendang telinga
c. Velocity
o Kecepatan
perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar.
o Satuan
yang digunakan : m/s
o Pada
udara kering dengan suhu 20 °C (68 °F)m
kecepatan rambat suara sekitar 343 m/s
3. Representasi
Suara
Gelombang suara analog
tidak dapat langsung direpresentasikan
pada komputer. Komputer mengukur amplitudo pada satuan waktu tertentu untuk
menghasilkan sejumlah angka. Tiap satuan pengukuran ini dinamakan “SAMPLE”.
4. Analog
To Digital Conversion (Adc)
Adalah proses mengubah
amplitudo gelombang bunyi ke dalam waktu
interval tertentu (disebut juga
sampling), sehingga menghasilkan representasi digital dari suara.
5. Digital
To Analog Converter (Dac)
Adalah proses mengubah
digital audio menjadi sinyal analog. DAC
biasanya hanya menerima sinyal digital Pulse Code Modulation (PCM).
PCM adalah representasi
digital dari sinyal analog, dimana
gelombang disample secara beraturan berdasarkan interval waktu tertentu, yang
kemudian akan diubah ke biner. Proses pengubahan
ke biner disebut Quantisasi.
PCM ditemukan oleh
insinyur dari Inggris, bernama Alec Revees pada tahun 1937.
Contoh DAC adalah:
soundcard, CDPlayer, IPod, mp3player
B. PENGERTIAN
AUDIO
Audio
Dalam sistem komunikasi bercirikan suara, sinyal elektrik digunakan untuk
membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem
- sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem
pengambilan / penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier
dan lainnya.
C. MACAM-MACAM
AUDIO
1.
Audio visual
Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar,
biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dsb.
2.
Audio Streaming
istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live
melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan
menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan
streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya
sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio
(ram) dan liquid radio.
3.
Audio Modem Riser
Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit
audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang
dipelukan untuk operasi modem dan atau audio
4.
Audio response Suara
yang dihasilkan oleh
komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input
jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.
5.
Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett
Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam
pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.
D.
JENIS FORMAT AUDIO
1.
MP3 ( MGE4 Audio Layer 3 ) yaitu format audio yang paling dikenal oleh
pengguna ponsel. Sebuah file MP3 yang mempunyai bitrates dari yang paling
rendah yaitu 32 kbits/detik sampai ukuran 320 kbits/detik.
o Merupakan file dengan lossy compression.
o Sering digunakan di internet karena ukurannya
yang cukup kecil dibandingkan ukuran audio file yang tidak terkompresi.
o Distandarisasi pada tahun 1991.
o Kompresi dilakukan dengan menghilangkan
bagian-bagian bunyi yang kurang berguna bagi pendengaran manusia.
o Kompresi mp3 dengan kualitas 128 bits 44000 Hz
biasanya akan menghasilkan file berukuran 3-4 MB, tetapi unsur panjang
pendeknya lagu juga akan berpengaruh.
o Software pemutar file mp3 : Winamp.
o Software encoder : LAME (Lame ain’t MP3 Encoder), sebuah encoder mp3 open
source dan freeware yang dibuat oleh Mike Cheng pada awal tahun 1998.
o Macam-macam bit rate: 32, 40, 48, 56, 64, 80,
96, 112, 128, 160, 192, 224, 256 and 320 kbit/s
2.
AMR ( Adaptive Multi Rate )
yaitu jenis audio codec yang sudah terkompresi. Hasil rekaman pada ponsel
biasanya berformat AMR. Kualitas suara yang dihasilkan kurang bagus namun dapat
dikonversi menjadi format MP3.
3.
WAV ( Waveform Audio Format )
merupakan salah satu format audio yang dipergunakan di dalam ponsel. Standar
format audio ini dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. File dalam format ini
biasanya berukuran besar karena tidak dikompresi.
o WAV adalah format audio standar Microsoft dan
IBM untuk PC.
o WAV biasanya menggunakan coding PCM (Pulse
Code Modulation)
o WAV adalah data tidak terkompres sehingga
seluruh sampel audio disimpan semuanya di harddisk.
o Software yang dapat menciptakan WAV dari
Analog Sound misalnya adalah Windows Sound Recorder.
o WAV jarang sekali digunakan di internet karena
ukurannya yang relatif besar.
o Maksimal ukuran file WAV adalah 2GB.
4.
AAC ( Advanced Audio Coding ).
Kualitas audio musik dalam format ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah.
iPod, pemutar musik digital portabel dari Apple, adalah peranti terkemuka yang
mendukung format ini.
o AAC bersifat lossy compression (data hasil
kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara
sempurna, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang).
o AAC merupakan audio codec yang menyempurnakan
MP3 dalam hal medium dan high bit rates.
Kelebihan AAC dari MP3:
o Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz, sedangkan
MP3 16 Hz – 48 kHz.
o Memiliki 48 channel.
o Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang
rendah (dibawah 16 Hz).
o Software pendukung AAC : IPod dan Itunes,
Winamp.
o Handphone : Nokia N91, Sony Ericsson W800, dan
Motorola ROKR E1.
o Hardware: Play Station Portable (PSP) pada
Agustus 2005.
5.
MIDI ( Musical Instrument Digital Interface ) yaitu file suara yang
hanya terdiri dari bunyi alat musik. Format audio satu ini lebih cocok untuk
suara yang dihasilkan oleh synthesizer atar peranti elektronik lainnya, tetapi
tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat.
File dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam ponsel
sebagai ringtone.
6.
WMA ( Windows Media Audio ).
Salah satu format yang ditawarkan oleh Microsoft. Kualitas musik yang
ditawarkan format WMA lebih baik daripada MP3. Peranti lunak dan peranti keras
terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format
MP3.
7.
3GP merupakan file video standar
yang digunakan pada sebuah handphone. File ini merupakan hasil dari rekaman
video melalu sebuah ponsel.
8.
MP4 merupakan file video yang sering ditemukan pada handphone. Aplikasi
handphone yang cocok untuk membuka file jenis ini adalah Real One Player,
PVPlayer, SmartMovie yang dilengkapi codec MP4.
9.
AVI ( Audio Video Interlaced )
merupakan file video yang biasa dapat dibuka di handphone dengan menggunakan
SmartMovie atau DVIXPlayer. Di komputer file AVI dapat dibuka dengan Windows
Media Player.
10. WMV (
Windows Media Video ) merupakan file video yang dapat dibuka pada ponsel-ponsel
berkategori Smartphone berbasis Windows. Di komputer file WMV dapat dibuka
dengan Windows Media Player.
11. Audio Interchange File Format [.AIF]
o Merupakan format standar Macintosh.
o Software pendukung: Apple QuickTime
12. Audio CD [.cda]
o
Format
untuk mendengarkan CD Audio
o
CD
Audio stereo berkualitas sama dengan PCM/WAV yang memiliki
o
sampling
rate 44100 Hz, 2 Channel (stereo) pada 16 bit.
o
Durasi = 75 menit dan dynamic range = 95 dB.
E.
SOFTWARE-SOFTWARE AUDIO
Winamp, RealPlayer,
Windows Media Player, KMPlayer, QuickTime, XMMS,
ZoomPlayer, JetAuido,
SoundForge, dbPowerAmp,
MusicMatchJukeBox,
ITunes.
G. REFERENSI
0 comments:
Posting Komentar