Rabu, 11 Januari 2012

MULTIMEDIA ; KONSEP AUDIO


TUGAS MULTIMEDIA
KONSEP AUDIO

Disusun Oleh :
1.      KHUSNUL KHULUKI (10.240.0297)
2.      MARIA ULFAH (10.240.0299)
3.      MUCHAMAD NURUL ANAM (10.240.0300)
4.      KHONIDAH (10.240.0331)
5.      KHAFIDAH (10.240.0333)



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
2011


A.    KONSEP DASAR SUARA
1.      Pengertian Suara
Suara adalah fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda atau  getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu
Suara dihasilkan oleh getaran suatu benda. Selama bergetar, perbedaan tekanan terjadi di udara sekitarnya. Pola osilasi yang terjadi dinamakan sebagai “GELOMBANG”.
Gelombang mempunyai pola sama yang berulang pada interval tertentu, yang disebut sebagai “PERIODE”. 
Contoh suara periodik : instrument musik, nyanyian burung, dll
Contoh suara nonperiodik : batuk, percikan ombak, dll

2.      Suara berkaitan erat dengan:
a.       Frekuensi 
-  Banyaknya periode dalam 1 detik
- Satuan : Hertz (Hz) atau cycles per second (cps)
Manusia membuat suara dengan frekuensi : 50Hz – 10KHz.
Sinyal suara musik memiliki frekuensi : 20Hz – 20Khz.
Sistem multimedia menggunakan suara yang berada dalam range pendengaran manusia.
Suara yang berada pada range pendengaran manusia sebagai “AUDIO”, dan gelombangnya sebagai “ACCOUSTIC SIGNALS”.  Suara diluar range pendengaran  manusia dapat dikatakan sebagai “NOISE”  (getaran yang tidak teratur dan tidak berurutan dalam berbagai frekuensi, tidak dapat didengar manusia).
b.      Amplitudo
o   Keras lemahnya bunyi atau tinggi rendahnya gelombang.
o   Satuan amplitudo adalah decibel (db)
o   Bunyi mulai dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari 85 dB dan pada ukuran 130 dB akan mampu membuat hancur gendang telinga
c.       Velocity
o   Kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar.
o   Satuan yang digunakan : m/s
o   Pada udara kering dengan suhu  20 °C  (68 °F)m  kecepatan rambat suara sekitar 343 m/s

3.      Representasi Suara
Gelombang suara analog tidak dapat  langsung direpresentasikan pada komputer. Komputer mengukur amplitudo pada satuan waktu tertentu untuk menghasilkan sejumlah angka. Tiap satuan pengukuran ini dinamakan “SAMPLE”.

4.      Analog To Digital Conversion (Adc)
Adalah proses mengubah amplitudo  gelombang bunyi ke dalam waktu interval tertentu (disebut juga  sampling), sehingga menghasilkan representasi digital dari suara.

5.      Digital To Analog Converter (Dac)
Adalah proses mengubah digital audio menjadi sinyal analog.  DAC biasanya hanya menerima sinyal digital Pulse Code Modulation (PCM).
PCM adalah representasi digital dari  sinyal analog, dimana gelombang disample secara beraturan berdasarkan interval waktu tertentu, yang kemudian akan diubah ke biner.  Proses pengubahan ke biner disebut Quantisasi.
PCM ditemukan oleh insinyur dari Inggris, bernama Alec Revees pada tahun 1937.
Contoh DAC adalah: soundcard, CDPlayer, IPod, mp3player

B.     PENGERTIAN AUDIO

Audio Dalam sistem komunikasi bercirikan suara, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem - sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan / penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.

C.     MACAM-MACAM AUDIO
1.      Audio visual 

Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dsb.
2.      Audio Streaming 

istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.
3.      Audio Modem Riser

Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio

4.      Audio response Suara
 yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.

5.      Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.




D.     JENIS FORMAT AUDIO
1.      MP3 ( MGE4 Audio Layer 3 ) yaitu format audio yang paling dikenal oleh pengguna ponsel. Sebuah file MP3 yang mempunyai bitrates dari yang paling rendah yaitu 32 kbits/detik sampai ukuran 320 kbits/detik.
o   Merupakan file dengan lossy compression.
o   Sering digunakan di internet karena ukurannya yang cukup kecil dibandingkan ukuran audio file yang tidak terkompresi.
o   Distandarisasi pada tahun 1991.
o   Kompresi dilakukan dengan menghilangkan bagian-bagian bunyi yang kurang berguna bagi pendengaran manusia.
o   Kompresi mp3 dengan kualitas 128 bits 44000 Hz biasanya akan menghasilkan file berukuran 3-4 MB, tetapi unsur panjang pendeknya lagu juga akan berpengaruh.
o   Software pemutar file mp3 : Winamp.
o   Software encoder : LAME (Lame  ain’t MP3 Encoder), sebuah encoder mp3 open source dan freeware yang dibuat oleh Mike Cheng pada awal tahun 1998.
o   Macam-macam bit rate: 32, 40, 48, 56, 64, 80, 96, 112, 128, 160, 192, 224, 256 and 320 kbit/s
2.       AMR ( Adaptive Multi Rate ) yaitu jenis audio codec yang sudah terkompresi. Hasil rekaman pada ponsel biasanya berformat AMR. Kualitas suara yang dihasilkan kurang bagus namun dapat dikonversi menjadi format MP3.
3.       WAV ( Waveform Audio Format ) merupakan salah satu format audio yang dipergunakan di dalam ponsel. Standar format audio ini dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. File dalam format ini biasanya berukuran besar karena tidak dikompresi.
o   WAV adalah format audio standar Microsoft dan IBM untuk PC.
o   WAV biasanya menggunakan coding PCM (Pulse Code Modulation)
o   WAV adalah data tidak terkompres sehingga seluruh sampel audio disimpan semuanya di harddisk.
o   Software yang dapat menciptakan WAV dari Analog Sound misalnya adalah Windows Sound Recorder.
o   WAV jarang sekali digunakan di internet karena ukurannya yang relatif besar.
o   Maksimal ukuran file WAV adalah 2GB.
4.       AAC ( Advanced Audio Coding ). Kualitas audio musik dalam format ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah. iPod, pemutar musik digital portabel dari Apple, adalah peranti terkemuka yang mendukung format ini.
o   AAC bersifat lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang).
o   AAC merupakan audio codec yang menyempurnakan MP3 dalam hal medium dan high bit rates.
Kelebihan AAC dari MP3:
o   Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz, sedangkan MP3 16 Hz – 48 kHz.
o   Memiliki 48 channel.
o   Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah (dibawah 16 Hz).
o   Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.
o   Handphone : Nokia N91, Sony Ericsson W800, dan Motorola ROKR E1.
o   Hardware: Play Station Portable (PSP) pada Agustus 2005.
5.      MIDI ( Musical Instrument Digital Interface ) yaitu file suara yang hanya terdiri dari bunyi alat musik. Format audio satu ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atar peranti elektronik lainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.
6.       WMA ( Windows Media Audio ). Salah satu format yang ditawarkan oleh Microsoft. Kualitas musik yang ditawarkan format WMA lebih baik daripada MP3. Peranti lunak dan peranti keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format MP3.
7.       3GP merupakan file video standar yang digunakan pada sebuah handphone. File ini merupakan hasil dari rekaman video melalu sebuah ponsel.
8.      MP4 merupakan file video yang sering ditemukan pada handphone. Aplikasi handphone yang cocok untuk membuka file jenis ini adalah Real One Player, PVPlayer, SmartMovie yang dilengkapi codec MP4.
9.       AVI ( Audio Video Interlaced ) merupakan file video yang biasa dapat dibuka di handphone dengan menggunakan SmartMovie atau DVIXPlayer. Di komputer file AVI dapat dibuka dengan Windows Media Player.
10.   WMV ( Windows Media Video ) merupakan file video yang dapat dibuka pada ponsel-ponsel berkategori Smartphone berbasis Windows. Di komputer file WMV dapat dibuka dengan Windows Media Player.
11.  Audio Interchange File Format [.AIF]
o   Merupakan format standar Macintosh.
o   Software pendukung: Apple QuickTime
12.  Audio CD [.cda]
o   Format untuk mendengarkan CD Audio 
o   CD Audio stereo berkualitas sama dengan PCM/WAV yang memiliki
o   sampling rate 44100 Hz, 2 Channel (stereo) pada 16 bit.
o   Durasi  = 75 menit dan dynamic range = 95 dB.
E.      SOFTWARE-SOFTWARE AUDIO
Winamp, RealPlayer, Windows Media Player, KMPlayer, QuickTime, XMMS,
ZoomPlayer, JetAuido, SoundForge,  dbPowerAmp, MusicMatchJukeBox,
ITunes.

G.    REFERENSI

0 comments:

Posting Komentar