MANAJEMEN PROYEK DAN
MANAJEMEN RESIKO
SISTEM TABUNGAN
BERBASIS MULTI USER
PADA BANK BPR BANYAK UANG
TUGAS
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Disusun Oleh :
Khusnul Khuluki (
10.240.0298 )
Ani Arifah (
10.240.0297 )
Maria Ulfah (
10.240.0299 )
Muchammad Nurul
Anam ( 10.240.0300 )
SEKOLAH TINGGI
MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER (STMIK) WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
TAHUN 2010
BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
BANK
BPR banyak uang adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan yang
kegiatan usahanya antara lain melayani pelanggan dalam transaksi pinjam, ambil
uang dan lain sebagainya. Dalam hal ini Manajemen BPR “UANG BANYAK” mengambil
kebijakan penting untuk meningkatkan daya saing BPR dengan meningkatkan layanan
kepada nasabahnya dengan mengembangkan sistem tabungan yang manual ke
komputerisasi sistem tabungan (simpan,ambil) berbasis multiuser. BPR tersebut
menganut sistem bunga harian. Dalam membangun komputerisasi sistem tabungan
ini, sebelumnya perlu perencanaan yang baik, sehingga meminimal kesalahan atau
resiko yang akan terjadi pada saat melakukan pengembangan perangkat lunak.
Untuk menghasilkan sistem yang berkualitas diperlukan manajemen-manajemen
terlebih dahulu tentang sumber daya yang dipakai, jadwal, biaya, dan
kemungkinan resiko yang akan terjadi dan manajer dapat mempertanggung
jawabkannya.
- PERMASALAHAN
Bagaimana
membuat manajemen perencanaan yang baik untuk mengatasi proyek sistem tabungan
berbasis multiuser di BPR banyak uang
- TUJUAN
Menyediakan sebuah kerangka kerja yang memungkinkan manajer
membuat estimasi yang dapat dipertanggungjawabkan mengenai sumber daya, biaya,
dan jadwal serta
BAB II
PEMBAHASAN
A.
STAKEHOLDER
Dalam perencanan proyek
sistem informasi ini, kami mempunyai tim proyek dengan tugasnya masing-masing
yaitu sebagai berikut :
No.
|
Tugas
|
Nama
|
Uraian Pekerjaan
|
1.
|
Manajer Proyek
|
Muchamad Nurul Anam,
A.Md
|
:menentukan
tugas-tugas proyek, mengindentifikasi tugas-tugas yang kritis, dan menelusuri
kemajuannya untuk memastikan bahwa penundaan dapat direorganisasi setiap
hari.
|
2
|
Analis
|
Ani Arifah, A.Md
|
Analisis kebutuhan,
Analisis Masalah
|
3
|
Desain
|
Khusnul Khuluki, A.md
|
Desain Sistem, Desain
Database, Desain interface
|
4
|
Programmer
|
1. Maria
Ulfah, A.Md
2. Muchamad
Nurul Anam, A.Md
|
Coding program,
database
|
5
|
Tester
|
Khusnul Khuluki, A.Md
|
Pengujian
|
B.
PENJADWALAN
Kegiatan
|
Bulan ke 1
|
Bulan ke 2
|
Bulan ke 3
|
Bulan ke 4
|
Bulan ke 5
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Mengadakan
Pertemuan, observasi
|
|||||||||||||||||
Identifikasi
masalah
|
|||||||||||||||||
Kemoloran
|
|||||||||||||||||
Desain
sistem
|
|||||||||||||||||
Desain
database
|
|||||||||||||||||
Desain
interface
|
|||||||||||||||||
Kemoloran
|
|||||||||||||||||
Pengkodean
|
|||||||||||||||||
Kemoloran
|
|||||||||||||||||
Pengujian
|
|||||||||||||||||
Review
sistem
|
|||||||||||||||||
Pemeliharaan
|
|||||||||||||||||
pelatihan
|
|||||||||||||||||
Garansi
|
C.
ESTIMASI
BIAYA
Sehubungan dengan jumlah kegiatan yang beragam disertai SDM
yang dipekerjakan dalam mengerjakan
proyek ini, adapun
rincian biaya yang
dibutuhkan dalam pengerjaan proyek perangkat lunak “Sistem tabungan BPR
uang banyak berbasis multiuser” adalah sebagai berikut:
No
|
Kegiatan
|
Jenis Biaya
|
Biaya (Rp)
|
Total Biaya
|
1.
|
Analisa Sistem
|
Transport
|
Rp 450.000
|
|
Konsumsi
|
Rp 300.000
|
|||
Honor Perencanaan
|
Rp 10.000.000
|
|||
Rp
10.750.000
|
||||
2.
|
Desain
|
Transport
|
Rp 450.000
|
|
Konsumsi
|
Rp 900.000
|
|||
Perancangan Desain
|
Rp 17.000.000
|
|||
Rp
18.350.000
|
||||
3.
|
Programer
|
Transport
|
Rp 450.000
|
|
Konsumsi
|
Rp 1.800.000
|
|||
Pengkodean
|
Rp 35.000.000
|
|||
Rp
37.250.000
|
||||
4.
|
Tester
|
Transport
|
Rp 450.000
|
|
Konsumsi
|
Rp 300.000
|
|||
Pengujian
|
Rp 6.000.000
|
|||
Rp
6.750.000
|
||||
5.
|
Pemeliharaan
|
Transport
|
Rp 450.000
|
|
Konsumsi
|
Rp 300.000
|
|||
Pelatihan
|
Rp 500.000
|
|||
Garansi
|
Rp 22.305.000
|
|||
Rp
23.555.000
|
||||
Total Biaya
|
Rp 96.655.000
|
|||
Biaya Asuransi Tim
|
Rp. 10.000.000
|
|||
Total Keseluruhan Biaya
|
Rp. 106.665.000
|
D.
PERMASALAHAN
- Context
Bagaimana perangkat lunak yang
dibangun dapat memenuhi sebuah sistem, produk, atau konteks bisnis yang lebih
besar, serta apa batasan yang ditentukan sebagai hasil dari konteks tersebut?
- Information Objectives
Obyek data pelanggan apa yang
dihasilkan sebagai output dari perangkat lunak, dan obyek data apa yang
diperlukan sebagai input?
- Function dan performance
Fungsi apa yang dilakukan oleh
perangkat lunak untuk mentransformasi input data menjadi output?
E.
METODOLOGI
PENGEMBANGAN SISTEM
Metode
pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall.
1.
Analisa sistem Dalam
analisis yang dilakukan yaitu pengumpulan kebutuhan, pengumpulan data dilakukan
dengan cara sebagai berikut:
a. Pengamatan
/ Observasi
membangun komunikasi yang efektif antara pengembang dengan
pihak BPR uang banyak
b. Wawancara
Melakukan
wawancara secara langsung kepada Pimpinan, Head Teller, Back Office BPR banyak
uang, serta beberapa nasabah bank.
c. Study
literatur
Mempelajari
referensi-referensi yang berkaitan dengan BPR banyak uang, mempelajari
buku-buku yang berhubungan dengan sistem administrasi sebuah perbankan
2.
Desain (Design)
Melakukan desain
sistem secara detail, mulai dari Context
Diagram, Data Flow Diagram (DFD),
desain file, desain
tabel, relasi tabel
dsb sehingga membentuk sistem
lengkap. sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3.
Implementasi/Pemrograman
(Programming)
Melakukan coding
untuk merealisasikan desain fungsi
yang telah dibuat.
Jumlah baris coding ini turut
menentukan besar-kecilnya harga perangkat lunak yang dibuat.
4.
Pengujian
(Testing)
Dilakukan untuk
mengetahui apakah pekerjaan
pemrograman telah dilakukan
secara benar sehingga bisa
menghasilkan fungsi-fungsi yang
dikehendaki. Pengujian juga dimaksudkan untuk
mengetahui keterbatasan dan
kelemahan program aplikasi
yang dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan.
5.
Pemeliharaan
Proyek perangkat
lunak tidak bisa
selesai begitu saja
setelah diserahterimakan, tetapi masih
berlanjut hingga tenggang
waktu yang cukup
untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak
yang telah diserahkan
tersebut bisa beroperasi
dengan baik dan
tidak ada kendala yang berarti.
F.
MANAJEMEN
RESIKO
Risiko
|
Kategori
|
Prob
(%)
|
Pengaruh
|
RRM
|
Estimasi
ukuran rendah secara signifikan
|
PS
|
70
|
2
|
|
Jumlah pemakai lebih besar dari yang
diharapkan
|
PS
|
60
|
3
|
|
Pemakaian ulang lebih rendah dari yang
diharapkan
|
PS
|
70
|
2
|
|
Pemakaian akhir menolak
|
BU
|
30
|
3
|
|
Deadline pengiriman Diperketat
|
BU
|
40
|
2
|
|
Pendanaan dihapuskan
|
CU
|
30
|
1
|
|
Pelanggan
akan merubah Kebutuhan
|
PS
|
80
|
2
|
|
Teknologi tidak memenuhi harapan
|
TE
|
40
|
1
|
|
Kurangnya pelatihan pada Piranti
|
DE
|
50
|
3
|
|
Staf tidak berpengalaman
|
ST
|
40
|
2
|
|
Anggota tim mengundurkan diri
|
CU
|
20
|
1
|
|
Anggota tim sakit
|
CU
|
30
|
1
|
|
Pemoloran Jadwal
|
CU
|
20
|
2
|
KATEGORI
RISIKO :
PS : Ukuran
produk TE
: Teknologi
BU : Bisnis DE
: Lingkungan Pengembangan
CU : Proses ST
: Ukuran Staf & Pengalaman
NILAI PENGARUH
1 : Katastropik 3 : Marjinal
2 : Kritis 4
: Dapat diabaikan
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setiap langkah
dalam proses rekayasa Perangkat Lunak harus menghasilkan suatu hasil kerja yang dapat
diperiksa dan dapat bertindak sebagai dasar untuk langkah berikutnya.
B.
Saran
1. Manajer harus mempunyai jadwal yang telah ditetapkan
dengan derajat resolusi yang memungkinkan manajer memonitor kemajuan dan
mengontrol proyek tersebut.
2. Proyek harus dibagi-bagi ke dalam sejumlah tugas dan
aktivitas yang dapat ditangani. Untuk melakukan ini, baik produk maupun proses
harus didekomposisi.
3. Saling ketergantungan dari setiap tugas dan aktivitas
yang dibagi-bagi harus ditentukan. Beberapa tugas harus dikerjakan berurutan
yang lain dapat dikerjakan secara bersamaan. Beberapa
kegiatan tidak dapat dimulai karena harus menunggu hasil dari kegiatan lain.
Beberapa kegiatan lainnya dapat bekerja secara bebas.
4. Masing-masing tugas yang akan dijadwalkan harus
dialokasikan dalam sejumlah satuan kerja (misalnya kerja orang-hari). Selain
itu harus ditetapkan waktu mulai dan waktu selesai.
0 comments:
Posting Komentar